Masa Bimbingan Mahasiswa Baru (MABINWA) STAI Al-Fattah Pacitan Tahun 2020

Pacitan, Sabtu (03/09/2020) – Badan Eksekutif Mahasiswa STAI Al-Fattah Pacitan melaksanakan program kerjanya, berupa Masa Bimbingan Mahasiswa Baru (MABINWA) Tahun 2020 di Gedung Baru Kampus STAI Al-Fattah Pacitan yang berlokasi di Desa Jatimalang Kecamatan Arjosari. Acara ini diikuti oleh para mahasiswa baru STAI Al-Fattah Pacitan Program Studi S-1 Hukum Ekonomi Syariah (Mu’amalah) dan Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua STAI Al-Fattah Pacitan sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil Arjosari Pacitan, Romo KH. Moch. Burhanuddin HB. Pada kesempatan ini Beliau juga menyerahkan pengelolaan gedung baru ini sebagi tempat aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi STAI Al-Fattah Pacitan. Beliau berharap kepada dosen di lingkungan STAI Al-Fattah Pacitan agar di dalam proses pembelajaran tidak hanya terfokus pada muatan-muatan normatifnya saja melainkan muatan yang nantinya bersifat adaptif supaya para mahasiswa siap memasuki pasar kerja/dunia usaha.

Kegiatan yang dilaksanakan sehari ini memberikan pemahaman kepada maghasiswa baru tentang: 1) Pembinaan kesadaran bela negara. Hal ini penting karena ini merupakan bagian dari upaya membangun sistem pertahanan negara. Selain itu juga merupakan upaya yang strategis dalam rangka menumbuhkan sikap dan perilaku setiap warga negara; 2) Kehidupan berbangsa dan bernegara. Materinya berupa pemahaman tentang Pancasila sebagai dasar negara atau ideologi negara. Tak hanya itu, tapi juga Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika; 3) Pembinaan gerakan nasional revolusi mental. Revolusi mental adalah tentang Indonesia melayani, bersih, tertib, mandiri, dan bersatu; 4) Pengenalan akademik STAI Al-Fattah Pacitan yang meliputi tata pamong, program studi, pengenalan nilai budaya, etika, tata krama, norma kehidupan kampus, plagiarisme, penyalahgunaan narkoba, dan anti korupsi dan terampil serta bijak dalam berkomunikasi melalui media sosial; 5) Kesadaran lingkungan hidup dan hadapi bencana; dan 6) Kepesantrenan. Kegiatan Mabinwa berjalan dengan lancar dan aman. Kegiatan ini ditutup oleh Sekretaris Yayasan Pondok Pesantren Al-Fattah Kikil Arjosari Pacitan Gus Hamam Fathulloh HB., M.Pd. (Humas & Media)