Ketentuan Perkuliahan Semester Gasal Tahun Akademik 2020/2021

Sehubungan dengan dimulainya perkuliahan Semester Gasal Tahun Akademik 2020/2021 Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Fattah Pacitan pada tanggal, 15 September 2020, berikut pembagian tugas pengampu matakuliah pada program studi PIAUD dan HES.

Sehubungan dengan masih berlangsungnya masa darurat wabah COVID-19, maka STAI Al-Fattah Pacitan menetapkan beberapa hal sebagai berikut:

  1. STAI Al-Fattah Pacitan memperpanjang masa Perkuliahan Jarak Jauh (Daring) hingga batas waktu yang belum ditentukan.
  2. Seluruh Dosen diminta untuk menyiapkan materi perkuliahan daring hingga akhir semester gasal tahun akademik 2020/2021 sesuai capaian pembelajaran mata kuliah yang telah ditetapkan.
  3. Perkuliahan dilaksanakan dengan metode kombinasi secara asinkron dan secara sinkron.
  4. Pelaksanaan kuliah secara asinkron ditujukan untuk mempercepat pencapaian tujuan pembelajaran, terutama pada setiap pertemuannya. Dosen menyiapkan bahan ajar dan materi perkuliahan dalam system manajemen pembelajaran sebagai bahan pendalaman materi yang dapat diakses oleh mahasiswa untuk belajar mandiri.
  5. Kuliah secara sinkron dilakukan melalui berbagai aplikasi social media seperti WhatsApp, Line, Messenger, Telegram dan atau palikasi tatap muka interaktif dalam jaringan (daring) seperti Webex, Skype, Microsoft Teams, Google Meet, Zoom, atau aplikasi lain yang telah menjadi preferensi dosen.
  6. Pelaksanaan kuliah secara sinkron difokuskan pada aktivitas yang bertujuan untuk konsolidasi, verifikasi pemahaman mahasiswa, penguatan materi, motivasi dan engagement dalam proses pembelajaran antara dosen dengan mahasiswa.
  7. Lama pelaksanaan kuliah secara sinkron tidak harus sesuai dengan alokasi tatap muka sesuai SKS dalam mata kuliah tersebut. Durasi tatap muka interakrif daring dapat dipadatkan sesuai dengan kebutuhan.
  8. Dalam hal mata kuliah yang memerlukan praktik, pembelajaran tetap dilaksanakan dengan daring untuk pemahaman dan pendalaman teori. Pelaksanaan praktik dengan tatap muka dilaboratorium dilaksanakan mulai tengah semester (awal November 2020) dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat.
  9. Dosen dapat mengembangkan materi kuliah berbasis audio visual dengan cara melakukan perekaman materi kuliah yang akan diberikan, kemudian diunggah ke youtube dan sejenisnya untuk diintegrasikan dalam system manajemen pembelajaran.
  10. Dosen harus dapat mendorong agar mahasiswa mampu melakukan belajar mandiri dan belajar terstruktur.
  11. Masing-masing ketua kelas/angkatan (Prodi PIAUD dan HES) untuk membuat group WhatsApp Perkuliahan dan memasukkan dosen pengampu matakuliah dalam group tersebut.
  12. Mahasiswa diharapkan dapat mengikuti perkuliahan daring dengan baik dan konsisten.

Demikian pengumuman ini disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terimakasih.