Pembekalan PPL (Magang III dan PPT) STAI Al-Fattah Pacitan Tahun 2020

Bidang Abdimas dan PPL, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) STAI Al-Fattah Pacitan menggelar pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan. Pembekalan dibuka langsung oleh Wakil Ketua I  STAI Al-Fattah Pacitan Bapak Dodik Prasetyo, S.Pd., M.Pd. di Kampus STAI Al-Fattah Pacitan pada Rabu, (2/9/2020). Pembekalan dilaksanakan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan, mengingat Kabupaten Pacitan masih berada pada zona orange penyebaran Covid-19.

Praktik Pengalaman Lapangan untuk Program Studi PIAUD yang disebut dengan Magang III dan Praktik Profesi Terpadu (PPT) untuk Program studi HES/Mu’amalah. PPL merupakan media bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan dasar profesi. PPL diaplikasikan dalam bentuk praktik kerja dan kegiatan edukasional lainnya di berbagai lembaga. Sebelum mempraktekan langsung ilmu yang diperoleh selama di bangku kuliah, mahasiswa harus dibekali kemampuan tambahan agar mengetahui cara mengaplikasikan ilmu tersebut d lembaga yang bakal mereka tempati. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh STAI Al-Fattah Pacitan.

Wakil Ketua I  STAI Al-Fattah Pacitan memberikan apresiasi kepada LP2M STAI Al-Fattah Pacitan bersama jajarannya yang telah mendesain kegiatan PPL di tengah pandemi seperti sekarang ini.

“Pelaksanaan PPL (Magang III dan PPT) tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tentu butuh pemikiran ekstra untuk mensiasatinya, untuk itu perkenankan saya atas nama pimpinan STAI Al-Fattah Pacitan mengucapkan terima kasih kepada LP2M dan jajarannya yang telah mendesain kegiatan PPL ini bisa terlaksana di tengah pandemi Covid-19, semoga dapat berjalan dengan lancar dan senantiasa diberi perlindungan oleh Allah SWT”, ujarnya.

Meskipun pandemi wabah corona yang belum selesai, STAI Al-Fattah Pacitan tetap mengupayakan agar kegiatan akademik dan kegiatan belajar mengajar terus berjalan. Dalam menghadapi PPL ditengah pandemi Covid-19, kita harus mampu menyesuaikan kondisi dan keadaan di masa Covid. Salah satunya adalah mendesain seluruh kegiatan dan model pembelajaran secara daring maupun luring.

“Dalam situasi pandemi Covid-19, seluruh kegiatan pembelajaran secara daring adalah sebuah keharusan. Walapun tidak dalam situasi Covid, mahasiswa harus mampu memanfaatkan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Sebab program kampus merdeka belajar mengharuskan mahasiswa untuk menguasai teknologi sebagai media pembelajaran,” jelasnya.

Beliau juga menegaskan kepada para peserta PPL agar melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. “Keluarkan ide-ide kreatif kalian untuk diterapkan selama PPL nanti. Jaga semangat serta jaga kesehatan agar semuanya bisa berjalan dengan lancar,’’ tegasnya.

Pembekalan PPL dilakukan dalam satu hari. Materi yang disampaikan antara lain adalah gambaran umum, mekanisme pelaksanaan, gambaran lokasi, serta tehnik penyusunan laporan. Pembekalan ini dipandu oleh Bapak Agus Setiawan, Ibu Hanit Nugraheni dan Ibu Dwi Setyorini. Kegiatan pembekalan berjalan dengan lancar dan diakhir acara dilakukan sesi foto bersama. (Humas & Media)