Tes Potensi Akademik Calon Mahasiswa Baru STAI Al-Fattah Pacitan

Rangkaian proses penerimaan mahasiswa baru Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIFA) Pacitan Tahun Akademik 2020/2021 gelombang 1 dilaksanakan Tes Potensi Akademik (TPA) yang dilaksanakan di Gedung KH. Bakri Hasbulloh lt. 1 pada hari Selasa (18/08/2020), yang diikuti para pendaftar calon mahasiswa baru dari 2 program studi, yaitu Prodi Hukum Ekonomi Syariah (Mu’amalah) dan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Peserta tes mengerjakan soal tes TPA yang langsung diberikan oleh pihak panitia PMB. Tes ini merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa, dengan tujuan untuk melakukan pemetaan pemahaman mahasiswa tentang program studi yang dipilih dan pemahaman agama Islam yang dikuasai. Meskipun wajib tes TPA ini tidak berpengaruh terhadap diterima tidaknya sebagai mahasiswa baru STAI Al-Fattah Pacitan. Menurut penangung jawab TPA Bapak Edi Purnomo, M.Pd.I., bahwa pelaksanaan TPA ini untuk mengetahui seberapa dalam/luas pemahamam calon mahasiswa terhadap pilihan program studinya, dan yang paling penting adalah pemahaman dan pengamalan calon mahasiswa tentang kemampuan membaca Al-Qur’an dan ibadah sholatnya. Masih menurut Mas Edi (sapaan akrabnya) calon mahasiswa tidak perlu minder, karena hasil tes ini digunakan untuk menetukan arah pengembangan potensi yang dimiliki calon mahasiswa.

Untuk selanjutnya penerimaan mahasiswa baru gelombang 2 sedang berlangsung. Bagi calon mahasiswa yang ingin medaftar di STAI Al-Fattah Pacitan, diharuskan melakukan pendafataran online dengan mengakses http://pmb.staifapacitan.ac.id/ dan mengupload kelengkapan data secara online sebagai syarat mendaftar sebagai mahasiswa baru. (Humas & Media)